Minggu, 28 Februari 2016

Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus ( Cinta dunia adalah pangkal dari segala keburukan )


قال رسول الله صلی الله عليه وسلم  
حُبُّ الدُّنْيَا رَأْسُ كُلِّ خَطِيئَةٍ (رواه البيهقي)
"Cinta dunia adalah pangkal dari segala keburukan"
Dunia akan mematikan hati manusia. Cinta dunia itu perkara yang hina, dimana kebaikan yang kau kerjakan akan lari (pahalanya) karena dunia.
Lalu apa sih yang dimaksud dengan cinta dunia? Apakah kita tidak boleh sama skali menggunakan dunia??
"Tentu tidak.."
Yang dimaksud dunia disini adalah sesuatu yang menyebabkan kita lalai pada Allah dan Rosul-Nya. apapun yang kita lupa yang menyebabkan kita lupa pada Allah dan Rasulullah itulah dunia. Tapi jika sesuatu itu membuat kita dekat dengan Allah maka itu baik.
🔹Beberapa kisah orang sholeh yang tidak cinta terhadap dunia dan tidak ingin menjadikan dunia sebagai tujuan: 1. Imamul Haddad (Al Habib Abdulloh bin Alwi Alhaddad)
Suatu hari beliau didatangi oleh seorang muridnya dan berkata
"Wahai guru akan datang padamu 2kapal yg berisi emas dan perak"
Lalu habib Abdullah bin Alwi al Haddad mengambil siwaknya.. dan beliau celupkan kedalam air sambil berkata "Wahai fitnah tenggelamlah engkau"
Maka tenggelamlah 2 counter kapal tersebut
2. Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf
Suatu hari beliau didatangi seseorang yang membawa sekarung uang untuk diberikan kepada beliau. Kemudian ketika orang tersebut telah pergi beliau keluar dengan membawa karung terssebut dan pergi mengelilingi kota jeddah untuk membagikan uang tersebut. Dan beliau tidak mau pulang sebelum uang itu benar2 habis.

🔹Beberapa kisah orang yang ahli beribadah namun terjerumus dengan dunia
1. Kisah Qorun (sahabat Nabi Musa AS)
Awalnya Qorun adalah salah seorang pengikut Nabi Musa AS yang sangat taat beribadah. Karena sangat sibuk beribadah, Qorun tidak begitu peduli dengan masalah duniawi. Alhasil Qorun dan keluarganya hidupserba kekurangan. Namun, meski begitu Qorun termasuk ulama yang sangat disegani saat itu. Hingga suatu hari qorun datang kepada nabi Musa dan meminta kepada nabi Musa untuk mendo'akannya agar dia menjadi kaya, dan berjanji akan membantu dakwah nabi Musa dengan harta tersebut. Hingga nabi Musa pun mendo'akan qorun dan qorun menjadi kaya raya. Namun kekayaannya membuat qorun lupa, dia mulai jarang beribadah hingga sama sekali tidak mau beribadah. Bahkan dia mulai ingkar kepada Nabi Musa Alaihisholatu wassalam. Hingga pada akhirnya Allah mengazab qorub dengan menenggelamkan qorun beserta hartanya ke dalam bumi.
2. Kisah Tsa'labah (sahabat Rasulullah SAW)
Dahulu tsa'labah adalah sahabat Rasululullah yg miskin namun sangat taat dalam beribadah. Dia tidak pernah meninggalkan sholat jamaah di masjid. Saking miskinnya dia hanya memiliki 1 pakaian untuk sholat yang d gunakan bergantian dengan istrinya. Suatu hari tsa'labah merasa bosan dengan kemiskinannya hingga ia datang pada Rasulullah untuk mendo'akannya agar menjadi kaya. Namun Rasulullah menolaknya dan berkata "wahai tsa'labah sesungguhnya kau tidak akan kuat menanggungnya"
Tsa'labah pulang, dan keesokan harinya dia datang lagi dengan permintaan yang sama. Hingga pada hari ketiga Rasulullah pun mendo'akan tsa'labah menjadi kaya dan memberikan seekor kambing sebagai modal. hingga pada akhirnya tsa'labah menjadi kaya raya. Namun akibat sibuk dengan kekayaannya tsa'labah mulai jarang ke masjid. dan lama kelamaan ia tidak pernah lagi datang kemasjid. Akibat kekufurannya ini akhirnya tsa'labah dihinakan oleh Allah dan oleh agamanya.
Demikian sedikit kisah tentang orang yang benar-benar tidak menginginkan dunia sebagai tujuan utamanya, Karena beliau tau bahwa kecintaan pada dunia akan merusak ibadah yang beliau kerjakan
dan kisah orang yang terjerumus kedalam cinta dunia.
Rasulullah SAW bersabda:
سيأتي على أمتي في آخر الزمان درهم مهم خير من صلاتهم
(رواه مسلم)
"Kelak akan datang pada umatku di akhir zaman dimana dirham (uang) nya lebih utama dari pada Sholatnya"
(HR. Muslim)
Semoga Allah memudahkan kita untuk mencontoh akhlak beliau orang-orang sholeh. Dan Allah jauhkan kita dari sifat cinta dunia yang melalaikan kita dari agama-Nya.
والله اعلم باالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar