Selasa, 03 Mei 2016

Sebaik-baik kalian adalah yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya (Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus)


قال رسول الله صلی الله عليه وسلم

خَيرُكُم مَن تَعَلَّمَ القُران وَعَلَّمَهُ
(رواه البخاري)
"Sebaik-baik kalian adalah yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya"

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Rasulullah SAW. Setiap mukmin mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mempelajari dan mengamalkannya. Dan mempelajari bagaimana membaca quran yang baik.

Barang siapa yang mempelajari kitab Allah, kemudian mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya, Allah akan menunjukinya dari kesesatan dan akan dijaga dari siksa dihari kiamat.”
Sejak pertama turun di Makkah, Al-Qur'an tidak pernah putus menjadi pusat perhatian manusia. tidak seorangpun yang mampu menandingi keindahan dan ketinggian firman Allah tersebut, namun sebagian dari mereka tetap mengingkari karena kebodohan dan kesombongannya.
Al-Qur'an adalah samudera tempat berenang para pencari ilmu. Tempat dimana manusia tidak akan pernah puas mencari petunjuk dan keutamaan hidup. Sebab itulah Al-Qur'an tetap berlaku sepanjang zaman, sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah.
Mempelajari Al-Qur'an dengan segala kesungguhan berarti kita telah mensyukuri salah satu nikmat Allah terbesar. Hanya karena kekerasan hati saja, manusia berani mengabaikan Al-Qur'an dalam kehidupan. Rasulullah mengingatkan kepada ummatnya agar menyelami kitabullah menurut kadar kemampuan masing-masing yang maksimal. Nabi SAW bersabda :"Sesungguhnya Al-Qur'an ini adalah hidangan Allah, maka pelajarilah hidangan Allah tersebut dengan kemampuannya"(Muttafaq 'alaih).

Habib Ali bin Muhammad AlHabsyi beliau mengatakan "sungguh heran jika ada yang datang kepadaku hanya untuk mengeluh sedangkan di sampingnya ada Al-Qur'an. Sesungguhnya Al qur'an adalah obat dari segalam macam penyakit hati.
Begitu dahsyat nya Al-Qur'an namun masih banyak ummat manusia yang salah menempatkan dan mengfungsikannya. Bahkan enggan untuk memulyakannya. Allah SWT berfirman :



لَوْ أَنْزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ



“Kalau sekiran kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya gunung itu akan tunduk hancur berantakan disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir" (QS. Al Hasyr:21)


Semoga Allah meringankan bibir kita untuk selalu membaca dan memulyakan Al-Qur'an. Aamiin....ya Kami turunkan Al-Quran ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar