Selasa, 03 Januari 2017

Obat Hati (Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus)

Keadaan hati sangat berperan pada diri seseorang. kalau ia bersih maka akan terlihat apa-apa yang ada di dalamnya. namun jika ia kotor maka ia akan menjadi buta sehingga tidak terlihat sesuatu apapun di hadapannya. Imam Al Ghozali beliau berkata : "Hati ibarat cermin, jika ia cemerlang maka apa yang ada dihadapannya akan terpantul olehnya, namun jika ia tak pernah dibersihkan maka ia akan menjadi kotor dan tidak akan mampu terlihat darinya apa2 yang ada di hadapannya. Hati yang kotor adalah hati yang berpenyakit. seorang yang sedang sakit pasti membutuhkan pengobatan, begitu juga dengan hati yang sakit , ia juga butuh pengobatan dan perwatan. Lalu bagaimana cara mengobati hati yang sakit????
Al Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf beliau menjelaskan cara mengobati hati yang sakit :
1. Taubat
Hendaklah seorang manusia senantiasa bertaubat kepada ALLAH SWT disetiap hembusan nafasnya, karena hakikat manusia menjadi tempat segala kekurangan, kesalahan, dan kelalaian. Namun jika manusia sering bartaubay kepada ALLAH nisacaya ALLAH akan menjaga dan melindunginya. Bahkan ketika ia berniat melakukan dosa, maka akan ada sesuatu yang menghalanginya dari berbuat dosa tersebut, karena ia telah dijaga oleh ALLAH SWT.
2. meniadakan alam semesta dari hatinya (tidak cinta dunia)
Salah satu penyebab hati menjadi sesat adalah rasa cinta dunia yang berlebih.
ALLAH SWT Berfirman :
Surat Ali 'Imran Ayat 14

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
3. Menjaga hati
Banyak orang lalai kepada ALLAH, terlalu yakin dengan kelebihannya sehingga timbul rasa sombong dalam hatinya.
contoh: ketika orang pandai ditanya dari mana hartanya maka ia menjawab : "Harta ini aku peroleh karena kepintaranku"
dia lupa bahwa semua itu ALLAH yang mengaturnya, bukan karena kepintarannya. seorang penyair arab beliau mengatakan
"seandainya rizqi hanya mengalir pada orang yang pandai saja pasti binatang akan binasa lantaran mereka bodoh"
bukankah binatang juga diberi rizqi oleh ALLAH??
Sesunggugnya tugas manusia meniti jalan yang disediakan oleh ALLAH. barang siapa yang menempuh jalan yang benar maka ia akan dekat dan berada dalam penjagaan ALLAH. Rugilah seseorang yang membiarkan umurnya sia-sia begitu saja tanpa ia merasakan kenikmatan yang dirasakan oleh orang-orang sholeh.
semoga ALLAH memberikan kenikmatan orang-orang sholeh dalam berdzikir dan beribadah kepada ALLAH sehingga tidak condong hati kita hanya pada dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar