Senin, 09 Januari 2017

Tahan lapar dunia untuk kenyang di Akhirat (Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus)


Nabi Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala membanggakan kepada malaikat, akan orang yang sedikit makannya dan minumnya di dunia. Allah Ta’ala berfirman: “Lihatlah kepada hamba-Ku! Aku mencobanya dengan makanan dan minuman di dunia, lalu ia sabar dan ia tinggalkan makan dan minum itu. Lihatlah wahai malaikat-Ku! Tiap makanan yang ditinggalkannya, akan Aku ganti dengan beberapa tingkat surga”. (HR Ibnu ‘Uda)

Dalam riwayat lain juga dijelaskan:
“Sesungguhnya orang yang lapar di dunia, adalah orang yang kenyang di akhirat. Orang yang paling dimarahi oleh Allah, ialah orang yang paling banyak makan, yang penuh perutnya. Seorang hamba yang meninggalkan makanan yang disukainya, maka berhaklah baginya satu tingkat di surga”. (HR Ath-Thabrani )
Begitulah yang diajarkan RASULULLAH SAW. Banyak Hadist yang meriwayatkan bahwa beliau sering dalam keadaan lapar. bahkan terkadang beliau tidak makan selama 3 hari.


عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال : ما شبع ال محمّد صلّى الله عليه وسلّم من طعام ثلاثة أيّام تباعا حتّى قبض.


Dari abu huroiroh رضي الله عنه berkata :
Tidak pernah kenyang dari makanan keluarga Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tiga hari berturut-turut sampai akhir hayatnya.

وعن مسروق رحمه الله تعالى قال : دخلت على عائشة رضي الله تعالى عنها، فدعت لي بطعام، وقالت : ما أشبع من طعام فأشاء أن أبكي إلّا بكيت.

Dari masruq رحمه الله تعالى berkata :
Aku datang kepada sayyidah aisyah رضي الله تعالى عنها, maka beliau menghidangkan makanan untukku, dan berkata : aku tidak pernah kenyang dari makanan maka aku hendak menangis kecuali aku menangis.

قال : قلت: لم؟
قالت : أذكر الحال الّتي فارق عليها رسول الله صلّى الله عليه وسلّم الدّنيا، والله ما شبع من خبز ولا لحم مرّتين في يوم.


Berkata masruq : aku bertanya kepadanya kenapa? Sayyidah aisyah menjawab : aku ingat keadaan ketika Rosulullah صلى الله عليه وسلم meninggalkan dunia, demi Allah Rosulullah tidak pernah kenyang dari satu roti dan juga daging dua kali dalam sehari
وسائل الوصول الى شمائل الرسول
Kitab wasailul wushul ila syamailir rosul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar