Minggu, 15 Mei 2016

Duduklah bersama orang yang tinggi derajatnya di hadapan Allah ( Habiib Idrus bin Muhammad Alaydrus )

جَالِسُوا الكُبَرَاء, وَسَاءِلُوا العُلَمَاء, وَخَالِطُوا الحُكَمَاء (رواه الطبراني

"Duduklah bersama orang-orang besar (tinggi derajatnya dihadapan Allah), dan bertanyalah pada ulama, dan dekatilah orang yang mempunyai hikmah yang luas"

🔹Duduklah/bergaullah kalian semua bersama orang yang tinggi kedudukannya dihadapan Allah, artinya adalah mereka para alim ulama, banyak-banyaklah berkumpul dengan mereka, dengarkan apa yang mereka ajarkan.. amalkan ilmu-ilmu mereka..

🔹dan bertanyalah pada ulama
Bertanya merupakan salah satu obat dari kebodohan.. maka banyaklah bertanya kepada ulama tentang apa-apa yang tidak kita mengerti, agar kita tidak tersesat nanti nya.
Namun banyak sekarang orang bertanya hanya untuk menguji seseorang atau mempermalukannya. Maka hal seperti itu dilarang oleh agama, karena yang seperti itu tidaklah beradab namanya.

🔹dan dekatilah orang yang mempunyai hikmah yang luas.
Orang yang memiliki hikmah luas maksudnya adalah mereka yang kenal dengan tuhannya, yang benar perkataan dan perbuatannya, dan mereka yang gemar menasehati.. maka dengarkan nasehat mereka, Karena sesungguhnya Allah Ta’ala akan menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah -ilmu yang bermanfaat- sebagaimana Allah menghidupkan bumi yang mati dengan air hujan.

Semoga Allah senantiasa mendekatkan kita pada alim ulama dan orang-orang sholeh agar kita tidak tersesat kejalan yang salah. Aamiin...

والله اعلم بالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar