Sabtu, 12 Maret 2016

Pedagang yang jujur akan sama derajatnya dengan muslim yang mati syahid dihari kiamat (Hanbib Idrus Bin Muhammaad Alaydrus)

التاجر الاء مين الصدوق المسلم مع الشهداء يوم القيامة   رواه الحكم

"Seorang pedagang yang jujur akan sama derajatnya dengan seorang muslim yang mati syahid dihari kiamat"
Orang yang memiliki usaha akan dicintai oleh Allah )asal jujur(. Dalam rizqi yang halal akan ada hisab dan dalam rizqi yang haram akan ada adzab.
Seseorang pedagang yang jujur suatu saat akan mendapat teguran dari Allah )keuntungan yang tidak maksimal, kena musibah, dan lain-lain(, sedangkan orang yang jujur kelak akan dibangkitkan bersama orang-orang yang mati syahid dan diberi keberkahan dalam hidupnya.
Wanita pun diperbolehkan untuk bekerja. Asal tidak melampaui kodrat nya. Sayyidatuna siti khodijah pun dlu seorang pedagang yang kaya. Namun beliau tidak melampaui kodrat nya sebagai seorang wanita yang mulia.
Syarat seorang wanita boleh bekerja:
1.Mendapat izin dari suami untuk bekerja
2. Saat bekerja tidak keluar dan tidak melanggar adab-adab Islami dan juga moral yang berlaku. Misalnya tetap menutup aurat, tidak bercampur dan berduaan dengan lawan jenis, dan pekerjaannya tidak menganggu ibadahnya
3. Pekerjaan yang dipilihnya tidak melewati kodratnya sebagai wanita
Do'a Rasulullah SAW di waktu pagi dan sore:
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْبُخْل

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa kikir dan sifat bakhil"

ان الله يحب الرجل المكتسب ويبغض السبهلل وما هي السبهلل يارسول الله؟ ؟؟ هي لافي عمل الدنيا ولا في الآخرة  رواه انس بن مالك

"Sesungguhnya Allah SWT mencintai orang yang memiliki pekerjaan dan Allah membenci orang yang syabahlah"
Lalu sahabat bertanya: "apa itu syabahlah yaa Rasulullah?"
Maka Rasulullah menjawab:
"Syabahlah adalah orang yang tidak memiliki pekerjaan untuk dunia nya dan pekerjaan untuk akhiratnya"
Bekerja adalah tindakan mulia. Bagi seorang muslim, hendaknya bekerja menjadi memiliki keuntungan ganda, keuntungan di dunia dengan rizqi harta, dan di akhirat dengan pahala melimpah. Karena itu sebelum bekerja/membuka usaha lihatlah terlebih dahulu pekerjaan/usaha tersebut mengandung unsur yang haram atau tidak.
Semoga Allah merahmati kita semua. semoga kita bisa mencari rizqi dijalan yang halal yang diridhoi Allah SWT yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
والله اعلم بالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar