Selasa, 29 Maret 2016

Sebaik-baik kalian adalah yang paling bagus ahlaknya (Habib Idrus bin Muhammad Alaydrus)

 خِيَاركُمْ أَحَاسِنُكُمْ أَخْلاَقاً (رواه ابخاري و مسلم) 

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling bagus akhlaqnya
Akhlak merupakan sifat yang ada dalam diri seseorang. Dan Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya contoh. Semua akhlak yang baik asalnya dari Rasulullah SAW. Karena itu janganlah seseorang merasa bangga karena sudah berbuat baik. Janganlah merasa akhlak kita paling baik. Karena sesungguhnya semua itu berasal dari Rasulullah. Dan kita hanya meniru nya.
Rasulullah SAW bersabda :
إنما بعثت لإتمام مكارم الأخلاق

“Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak”.
Jelas bagi umat Islam diseluruh alam berpatokan pada akhlaknya nabi Muhammad SAW. Akhlak terpuji yang ada dalam diri Rasulullah SAW patut kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Jika manusia telah berakhlakul karimah atau akhlak yang baik, mulia, terpuji InsyaAllah hidupnya akan jauh lebih baik. Tak akan ada permusuhan dimana-mana.
Selain menjaga akhlak, Rasulullah SAW juga sangat mencintai anak-anak. Rasulullah sering meluangkan waktunya untuk bermain dengan anak-anak. 

Beberapa kisah tentang akhlak Rasulullah terhadap anak-anak.
🔹Suatu ketika Rasulullah SAW sedang sholat berjamaah. dan mengajak sayyidina hasan dan husein yang masih kecil. saat sujud sayyidina hasan dan husein pun naik ke punnggung Rasulullah. Dan bermain-main diatas punggung Rasulullah hingga kelelahan dan tertidur. hingga Rasulullah pun tidak bangun dari sujudnya hingga keduanya kembali turun.. baru Rasulullah bangkit dari sujudnya. Itu karena Rasulullah sangat cinta pada keduanya. Dan ingin membuat kudanya tau bahwa kakeknya gemar bersujud (sholat)
🔹Suatu hari ada seorang anak bernama Abu Umair. Dia diberi hadiah oleh kedua orang tuanya. Karena kecintaannya pada Rasulullah Abu Umair ingin burung kesayangannya itu diberikan nama oleh Rasulullah. Kemudian Rasulullah memberinya nama burung tersebut nuair. Suatu hari nuair mati, sehingga abu umair sangat sedih. lalu Rasulullah berusaha untuk menghiburnya dan mengajak abu umair bermain.
Dari sini kita bisa melihat betapa tinggi kasih sayang dan ketawadhuan yang ada dalam hati Rasulullah SAW. sehingga beliau tidak malu untuk bermain dengan anak-anak
Keindahan akhlak Rasulullah tidak bisa digambarkan dengan sesuatu pun. Semua akhlak yang terdapat dalam diri Rasulullah bersumber dari Al-Qur'an.
Suatu ketika setelah wafatnyaa Rasulullah ada seorang badui yang ingin tau seperti apa keindahan akhlak Rasulullah. Lalu orang badui tersebut datang kepada sayyidina Umar bin Khatab. Dan brtanya "Wahai Umar ceritakan kepadaku seperti apa akhlak Rasulullah"
Lalu sambil menangis Sayyidina umar berkata "aku tidak mampu menceritakan keindahan akhlak Rasulullah. Maka datanglah kau ke menantu beliau Sayyidina Ali bin Abi Tholib"
Lalu datanglah orang badui tersebut kepada sayyidina Ali dengan pertanyaan yang sama. Lalu sambil menangis sayyidina Ali menjawab "aku tidak mampu menceritakan keindahan akhlak beliau. Maka pergilah kau ke orang terdekat beliau. Istri Rasulullah. Sayyidatuna Aisyah"
Maka sambil menangis sayyidatuna Aisyah menjawab 
كان خلقه القرآن

"Akhlaknya (Rasulullah) adalah Al-Qur'an"
Semoga Allah memberikan kemudahan dan meridhoi kita untuk meniru Akhlak Rasulullah SAW. Aamiin..
Jangan lupa menjaga adab kita pada orang tua, guru, sahabat, juga tetangga-tetangga kita. baik yang kaya atau yang miskin, tua ataupun muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar