Rabu, 07 Desember 2016

Sebaik-baik lauk adalah cuka (Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus)


(نَعم الإِدَامُ الخَلُّ (رواه المسلم


"sebaik-baik lauk adalah cuka" (HR. Muslimm)

sebaik-baik lauk adalah cuka???? apa benar demikian??? 
 maka sesungguhnya terdapat banyak makna dan pelajaran yang terkandung dalam hadist ini. antara lain:


1.  RASULULLAH SAW sangat menjaga perasaan orang. dan tidak ingin melukainya.
 pada suatu hari RASULULLAH SAW datang kepada salah seorang istri beliau. dan beliau bertanya "apakah ada lauk di rumah ini?" maka istri beliau menjawab "sesungguhnya hanya ada selembar roti yang keras dan cuka" maka RASULULLAH SAW meminta agar diambilkan roti dan cuka tersebut. lalu beliau memakannya dan berkata "sebaik-baik lauk adalah cuka". beliau tidak ingin menyakiti hati istrinya.

dalam riwayat lain dikisahkan
 suatu ketika saat RASULULLAH SAW sedang duduk bersama sahabat datanglah seorang wanita yang membawakan buah untuk beliau. maka dihadapan wanita tersebut sambil tersenyum RASULULLAH SAW memakan dan menghabiskannya. ketika wanita tersebut telah pergi para sahabat bertanya "wahai RASULULLAH, kenapa engkau memakan dan menghabiskan buah itu sendiri dan tidak mengajak kami untuk malan bersamamu?" maka sambil tersenyum RASULULLAH SAW berkata "sesungguhnya buah tadi sangat asam. dan aku tidak ingin saat kalian makan kalian mencelanya sehingga membuat sedih dan sakit hati wanita tersebut.


2. Jangan mencela makanan.
 RASULULLAH SAW tidak pernah sekalipun mencela makanan. jika suka beliau memakannya, dan jika tidak suka beliau tidak memakannya. karena mencela makanan merupakan salah satu sifat yang menunjukkan kesombongan. dimana kita tidak bersyukur atas nikmat yang telah ALLAH berikan.


3. RASULULLAH SAW mengajarkan untuk bersyukur.
 RASULULLAH SAW selalu menerima apapun yang ALLAH berikan. beliau tidak pernah meminta yang tidak ada. padahal jika beliau berdo'a dan meminta makanan dari syurga sekalipun maka ALLAH akan langsung mengabulkannya. namun RASULULLAH SAW tidak pernah meminta. beliau selalu menerima apa yang telah diberikan oleh ALLAH SWT. dan jika tidak ada makanan sedikitpun beliau akan berpuasa.
dalam suatu riwayat dikisahkan:
 suatu hari RASULULLAH SAW pulang kerumah salah satu istri beliau SAYYIDAH MAIMUNAH dan bertanya : 
""wahai istriku apa ada sedikit makanan dirumah ini?" dan istri beliau menjawab "wahai RASULULLAH, apa engkau lupa kalau kita sudah tidak makan selama 3 hari ini??" maka RASULULLAH SAW menjawab "kalau begitu aku akan berpuasa"


4. Cuka baik untuk kesehatan
 Sebuah penelitian menjelaskan bahwa jika seseorang rutin memakan cuka dengan mencampurnya dengan makanan lain atau air maka kadar lemak dalam tubuhnya akan berkurang. karena cuka berfungsi mengontrol kadar lemak dalam tubuh. dan cuka yang paling baik adalah cuka apel.


والله اعلم بِالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar