Sabtu, 10 Desember 2016

Ziarah Kubur Mengobati Hati (Habib Idrus Bin Muhammad Alaydrus)

Berkata Al Habib Abdullah Bin Muhsin Al Atthos :
“Berziarahlah kamu kepada orang-orang sholeh! Karena orang-orang sholeh adalah obat hati”

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda 
“Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat melembutkan hati, membuat air mata berlinang, dan mengingatkan kalian akan akhirat namun jangan kalian mengatakan perkataan yang tidak layak (qaulul hujr), ketika berziarah” (HR Al Hakim)

Tidak ada obat yang paling bermanfaat bagi hati yang kelam selain berziarah kubur. Dengan berziarah kubur, lalu mengingat kematian, akan menghalangi seseorang dari maksiat, melembutkan hatinya yang kelam, mengusir kesenangan terhadap dunia, membuat musibah yang kita alami terasa ringan. Ziarah kubur juga dapat mencegahl hitamnya hati dan mengubur sebab-sebab datangnya dosa.l
Manfaat lain Ziarah Kubur
1. Mengingat Kematian, Menata Kehidupan
2. Mendapatkan Pahala di sisi Allah
Sudah sangat terang bahwa segala sesuatu yang dilakukan Nabi, yang berkaitan dengan amal perbuatan beliau pasti adalah ibadah yang bernilai pahala.

Pahala amalan ziarah, pahala menjalankan sunnah, pahala dari mendoakan mayyit, pahala dari birrul walidain, pahala dari setiap kalimat thoyyibah yang kita ucapkan dalam kubur.
3. Kebaikan Bagi Sang Mayyit
dalam banyak riwayat shahih dijelaskan bahwa doa dari kita akan meringankan kesusahan dan membahagiakan mayyit di alam barzah.

4. Birrul Walidain dan Menyambung Nasab
Ziarah kubur bagi masyarakat tentu dilakukan kepada keluarga dan kerabat dekat, selain juga kepada ulama besar. Paling utama adalah ziarah kubur kepada kedua orang tua yang telah meninggal, ini sebagai bentuk birrul walidain apabila kita belum sempat berbakti kepada orang tua semasa hidup

6. Mengenang dan Meniru Kebaikan dari Penghuni Kubur
Dengan berziarah Kubur kita bisa mengenang kebaikan dari mayyit semasa hidupnya dan meneruskan kebaikannya pada perilaku kita. Biasanya ahlul kubur yang patut dikenang dan diteladani adalah para wali, ulama istiqomah, dan juga para pejuang muslim.

7. Tumbuh Rasa Takut (Khauf) Kepada Allah
Dengan ziarah kubur, akan semakin menanam rasa takut kita kepada kekuasaan Allah SWT. Bahwa Allah lah yang menghidupkan dan mematikan, bahwa hanya Allah lah yang tahu kapan ajal kita akan tiba untuk menyusul ahlul kubur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar